Maisaroh, Esty (2020) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0210_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (927kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0210_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0210_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (891kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0210_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0210_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (302kB) | Preview |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Magelang Tahun ajaran 2019/2020; 2) Pengaruh pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap prestasi belajar siswa di SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Magelang Tahun ajaran 2019/2020; 3) Pengaruh pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar siswa di SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Magelang Tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini dipilih secara purpossive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis manova. Metodologi pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Data yang diambil yaitu dokumentasi nilai rapot siswa dan skor angket pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dan kecerdasan interpersonal siswa. Hasil analisis hipotesis uji manova pengaruh pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dengan variabel kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar adalah sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh dengan kategori kuat antar pembiasaan shalat dzuhur berjamaah (X) terhadap kecerdasan interpersonal (Y1) dengan nilai signifikansi (sig. Y1) 0.004 < 0.05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0.744 atau sama dengan 74.4%. 2) Terdapat pengaruh dengan kategori sedang pembiasaan shalat dzuhur berjamaah (X) terhadap prestasi belajar (Y2) dengan nilai signifikansi (sig. Y2) 0.650 > 0.05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0.420 atau sama dengan 42.0%. 3) Hasil uji hipotesis variabel X terhadap Y1 dan Y2 menggunakan Multivariate Tests secara keseluruhan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel X (pembiasaan shalat dzuhur berjamaah) terhadap variabel Y1 (kecerdasan interpersonal) dan variabel Y2 (prestasi belajar).
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd. dan Galih Istiningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah, Kecerdasan Interpersonal, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 03:44 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:44 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2358 |
Actions (login required)
View Item |