PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PERMAINAN LEGO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV di Desa Sriwedari, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang)

Asriati, Diah Nur (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PERMAINAN LEGO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV di Desa Sriwedari, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0105_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0105_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0105_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0105_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0105_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan permainan lego terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di Desa Sriwedari, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan model Noneequivalent Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara Noneprobability sampling dengan model sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 20 orang siswa yang terdiri dari 10 siswa kelas eksperimen dan 10 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif yang berbentuk pilihan ganda. Uji validitas instrumen tes dilakukan dengan menggunakan product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametrik yaitu uji One Way ANOVA dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 22,00 for windows. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan permainan lego berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan nilai rata-rata tes objektif post-test kelas eksperimen sebesar 70,0 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata tes objektif post-test kelas kontrol sebesar 63,5. Hasil analisis uji One Way ANOVA pada soal tes diperoleh nilai probabilitas pada taraf signifikansi 0,05 nilai Fhitung = 3,909 > F0,05 (3;10) sebesar 3,71.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. M. Japar, M.Pd. Kons dan Ari Suryawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Permainan Lego, Hasil Belajar Matematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:40
Last Modified: 28 Apr 2021 03:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item