PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDIOTORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERBANTUAN MEDIA HAPPINESS SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD di Desa Kalimiru Purworejo)

Widaningrum, Ansita Puspa (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDIOTORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERBANTUAN MEDIA HAPPINESS SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD di Desa Kalimiru Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0137_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0137_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0137_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0137_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0137_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visualization, Intelectualy) berbantuan media pembelajaran Happiness Scrapbook terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Desa Kalimiru, Purworejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (PreEksperimental Design) dengan model One Group Pretest Posttest Design. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD di Desa Kalimiru yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji Validitas instrumen tes hasil belajar IPA menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronchbach alpha dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistics 23. Uji Prasayarat analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas dengan uji Shapiro wilk dan uji hipotesis dengan uji paired sample ttest dengan bantuan aplikasi program IBM SPSS Statistics. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visualization, Intellectualy) berbantuan media Happiness Scrapbook berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Desa Kalimiru,Purworejo. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, nilai rata-rata hasil belajar pretest dan posttest sebesar 49,44 dan 78,33. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visualization, Intelectualy) berbantuan media Happiness Scrapbook berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnanto,M.Pd dan Septiyati Purwandari,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:32
Last Modified: 28 Apr 2021 03:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item View Item