Yuliasari, Diana (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA SISWA (Penelitian pada siswa kelas V di Desa Tampirwetan Candimulyo Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0198_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0198_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0198_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0198_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0198_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (333kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan bertanya siswa kelas V Desa Tampirwetan Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen (experimental research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 174 siswa dan pengambilan sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan unjuk kerja. Uji validitas menggunakan validasi ahli atau expert judgment. Uji prasyarat data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas jenis shapiro wilk dengan bantuan program SPSS for windows versi 25.0 dan analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Samples T-Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan bertanya siswa. Hasil uji paired samples t-test dalam penelitian ini memperoleh hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti nilai sig (2-tailed) lebih kecil (<) 0,05 dan nilai t hitung 10,786 > t tabel 2,093024 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh secara positif dan signifikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan bertanya siswa kelas V di Desa Tampirwetan Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd. dan Rasidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Keterampilan Bertanya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 07:57 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 07:57 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2345 |
Actions (login required)
View Item |