PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJARAKSARA JAWA (Penelitian pada siswa kelas V Desa Lempuyang Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung)

Febriyanta, Khoirul Insan Eka (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJARAKSARA JAWA (Penelitian pada siswa kelas V Desa Lempuyang Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0197_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0197_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0197_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (SKripsi)
16.0305.0197_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0197_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kartu kearifan lokal terhadap hasil belajar aksara Jawa siswa kelas V Desa Lempuyang Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini dipilih dengan cara sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 16 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Uji validitas instrumen tes dan observasi dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas. Analisis data menggunkan teknik statistik parametrik yaitu Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran kartu kearifan lokal berpengaruh positif terhadap hasil belajar aksara Jawa siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05, serta terdapat peningkatan presentase pada keterlaksanaan model disetiap treatment yaitu pada pertemuan 1, pertemuan 2, dan pertemuan 3 terdapat 80%, pada pertemuan 4 meningkat menjadi 90%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media kartu kearifan lokal berpengaruh positif terhadap hasil belajar aksara Jawa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Purwati, MS., Kons. dan Galih Istiningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Aksara Jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Apr 2021 07:52
Last Modified: 27 Apr 2021 07:52
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item View Item