Amni, Shofia Farda (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA RAJA LUDO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA (Penelitian pada siswa kelas IV Desa Banjarejo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0192_BAB I_BAB II_BAB II_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0192_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0192_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0192_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0192_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan media Raja Ludo terhadap kemampuan membaca aksara Jawa kelas IV Desa Banjarejo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian One Group Pretest-Posttest Design yang termasuk dalam Pra-Experimental Desaigns. Subjek Penelitian dipilih dengan cara sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 10 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan membaca aksara Jawa dan observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Uji validitas instrumen soal tes kemampuan membaca aksara Jawa dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS for Windows varsi 22.00. Uji prasyarat analisi yaitu dengan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berbentuan media Raja Ludo berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca aksara Jawa dan model pembelajaran Group Investigation terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil analisi Uji Paired Sample TTest pada sampel dengan probilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05 serta terdapat peningkatan persentase pada keterlaksanaan model disetiap treatment yaitu pada pertemuan 1, pertemuan 2, dan pertemuan 3 terdapat 86%, pada pertemuan 4 meningkat menjadi 93%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media Raja Ludo berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca aksara Jawa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Purwati, MS.,Kons. dan Galih Istiningsih.M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, Kemampuan Membaca Aksara Jawa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 07:44 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 07:44 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2339 |
Actions (login required)
View Item |