PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA KABARI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas I SD Negeri Sidorejo)

Azizah, Nurul (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA KABARI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas I SD Negeri Sidorejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0181_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (915kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0181_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0181_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0181_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0181_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui penerapan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) pada siswa kelas I SD Negeri Sidorejo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) partisipasi penuh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Sidorejo yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri Sidorejo. Penelitian ini menggunakan design penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian unjuk kerja. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan dapat meningkat dengan menerapkan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) yang bertahap orientasi, presentasi, latihan terstruktur, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Selain itu, penggunaan media Kabari yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas I SD Negeri Sidorejo juga membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan presentase ketuntasan belajar siswa 33% (9 siswa) dengan nilai rata-rata 67 pada Prasiklus, 75% (20 siswa) dengan nilai rata-rata 76 pada Siklus I, dan 85% (23 siswa) dengan nilai rata-rata 84 pada Siklus II.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons.dan Galih Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Permulaan, Model Pembelajaran Langsung, Media Kabari
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Apr 2021 07:28
Last Modified: 27 Apr 2021 07:28
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item View Item