Musfikaningrum, Laita Hanna (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA PAPAN HITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II di SD Negeri Pabelan 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0101_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (606kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0101_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0101_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0101_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0101_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (354kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Group Investigation berbantuan media Papan Hitung terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas II di SD Pabelan 2, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen (Pre Experimental Design) dengan model One Group Pretest Posttest Design (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Group Investigation berbantuan media Papan Hitung dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SD Pabelan 2, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang yang berjumlah 12 siswa dan sampel yang diambil seluruh siswa kelas II di SD Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang yang berjumlah 12 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar Matematika. Uji validitas instrumen tes hasil belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS for Windows versi 24.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas menggunakan Kolmogorov- Smirnov. Sedangkan analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berepengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Skor rata-rata pretest 67 dan skor rata-rata posttest 83. Pengujian hipotesis dengan t hitung (13,776) yang lebih besar dari t tabel 2.201 menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Galih Istiningsih, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Media Papan Hitung, Model Group Investigation, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 06:37 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 06:37 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2303 |
Actions (login required)
View Item |