MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH DASAR DALAM PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN BENCANA DI DAERAH BERPOTENSI BENCANA (Penelitian pada SDN Ngepanrejo, Bandongan, Kabupaten Magelang)

Imaniar, Holy Nikmah (2020) MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH DASAR DALAM PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN BENCANA DI DAERAH BERPOTENSI BENCANA (Penelitian pada SDN Ngepanrejo, Bandongan, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0175_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0175_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0175_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0175_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0175_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum sekolah dasar dalam peningkatan kesiapsiagaan bencana di daerah berpotensi bencana di SDN Ngepanrejo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Rancangan penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan angket. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum baik dari segi desain kurikulum, perangkat pembelajaran, program penilaian dan pengorganisasian struktural sudah berpedoman pada KTSP yang berlaku, memuat program SPAB, dan terorganisir dengan baik; 2) Pelaksanaan manajemen kurikulum telah berjalan dengan baik karena dilaksanakan sesuai dengan prinsip dan pedoman pelaksanaan yang dijadikan sebagai acuan yaitu Permendikbud dan SPAB; 3) Evaluasi kurikulum menggunakan model CIPP untuk mengembangkan kurikulum yang lebih baik lagi dan menciptakan generasi siaga bencana. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum sekolah dasar yang dilakukan di SDN Ngepanrejo baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program kurikulumnya sudah memenuhi standar isi minimal dari standar nasional pendidikan serta dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. dan Rasidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kesiapsiagaan Bencana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:02
Last Modified: 27 Apr 2021 02:02
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item