Ulfa, Isnaini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA STIK BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG (Penelitian pada Siswa Kelas II SD di Desa Mungkid, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0174_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (445kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0174_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0174_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0174_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0174_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) terhadap peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas II Sekolah Dasar di Desa Mungkid, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre- Eksperimental Designs, khususnya pola one group pretest posttest design (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan jenis sample purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD di Desa Mungkid yang berjumlah 50 siswa dan sampel yang diambil berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dengan bentuk tes pilihan ganda. Uji validitas instrumen tes dengan menggunakan rumus product moment dan uji hipotesis menggunakan paired sample t Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 24.00. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dengan media stik bilangan berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis paired sampel t test dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan , terdapat perbedaan skor rata-rata pada pretest dan posttest . Skor rata rata pretest 48,75 dan skor rata-rata posttest 84,50. Pengujian hipotesis dengan t Hitung (-20,429) yang lebih besar dari dari t tabel (1,728) menujukan bahwa model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) berbantuan media stik bilangan berpengaruh terhadap kemampuan berhitung.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd,Kons, dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Auditory Intelectually Repetition (AIR), Stik Bilangan, Kemampuan Berhitung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 02:01 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 02:01 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2277 |
Actions (login required)
View Item |