Wahyuni, Siti (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GUNUNG BERAPI (Penelitian pada Siswa Kelas V SDN Polengan di Desa Polengan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0167_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (719kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0167_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0167_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0167_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0167_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (371kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konstruktivistik terhadap kesiapsiagaan bencana kelas V SDN Polengan di Desa Polengan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre- experimental design dengan model One Grup Pretest-posttest Design. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kesiapsiagaan bencana. Uji validitas instrumen angket dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dengan bantuan program SPSS versi 24 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS versi 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran konstruktivistik berpengaruh terhadap kesiapsiagaan bencana pada siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Simple T-Test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0.047 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tersebut, terdapat perbedaan skor rata-rata angket kesiapsiagaan bencana antara pretest sebesar 1.66 dan posttest sebesar 2.057. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran konstruktivistik berpengaruh positif terhadap kesiapsiagaan bencana siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Purwati, MS.,Kons. dan Agrissto Bintang Aji Pradana , M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Konstruktivistik, Kesiapsiagaan Bencana, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 07:53 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 07:53 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2272 |
Actions (login required)
View Item |