ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA KELAS I SD MUHAMMADIYAH I MUNTILAN SELAMA PANDEMI COVID-19

Hariyati, Fitri (2020) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA KELAS I SD MUHAMMADIYAH I MUNTILAN SELAMA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0165_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (814kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0165_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0165_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0165_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0165_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran orang tua dalam mendampingi belajar anak dari rumah pada kelas I SD Muhammadiyah I Muntilan selama pandemi covid- 19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 3 objek yaitu orang tua siswa, guru wali kelas, dan siswa kelas I di SD Muhammadiyah I Muntilan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan angket dengan 3 instrument pengumpul data yaitu lembar pedoman wawancara, observasi dan angket. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik (wawancara, observasi dan angket) serta triangulasi sumber (orang tua, guru wali kelas dan siswa). Analisis data dilakukan melalui 4 komponen analisis data yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan analisis mengenai peran orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak di rumah secara daring selama pandemi covid-19. 48% orang tua menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran secara daring ini dirasa kurang efektif, sedangkan 52 % orang tua yang lainnya menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran secara daring sudah cukup baik. Meskipun demikian, orang tua tetap memberikan dukungan terhadap kegiatan belajar anak secara daring, terbukti 85% orang tua sudah memenuhi kebutuhan fasilitas belajar yang dibutuhkan saat belajar secara daring. Dan 80% orang tua juga sudah menunjukkan serta mengupayakan untuk bisa meluangkan waktu agar bisa ikut mendampingi kegiatan belajar daring anak secara langsung. Meskipun tidak dapat dipungkiri, saat mendampingi kegiatan belajar anak secara daring orang tua mengalami beberapa kendala, baik dari faktor orang tua maupun dari faktor anak itu sendiri, namun orang tua selalu berusaha untuk tetap bisa memberikan bentuk peran pendampingan yang terbaik bagi anak saat belajar di rumah secara daring.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ari Suryawan, M.Pd.,dan Tria Mardiana, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Peran Pendampingan Orang Tua, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:39
Last Modified: 23 Apr 2021 04:39
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item View Item