PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KUSA APATI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Geneng 1 Kecamatan Candimulyo Tahun Ajaran 2019/2020)

Suci, Eka Rahayu Martha (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KUSA APATI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Geneng 1 Kecamatan Candimulyo Tahun Ajaran 2019/2020). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0164_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0164_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0164_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0164_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0164_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Kusa Apati terhadap hasil belajar Matematika kelas V. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Geneng 1 yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam pemilihan sampel yaitu sampling jenuh. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan instrumen pengumpul data yang berupa lembar soal tes. Analisis data pada penelitian ini peneliti menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil uji Mann Whitney U menunjukkan bahwa posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan, ditunjukkan dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001, (0,001<0,05). Bukti adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu adanya perbedaan signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar Matematika kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 77 dan kelas kontrol 53. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan Media Kusa Apati berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika Siswa Kelas V.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons dan Tria Mardiana, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar, Media.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:39
Last Modified: 23 Apr 2021 04:39
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item