Nursufia, Nila (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN POSTER MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Desa Kalijambe Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0161_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (566kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0161_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0161_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0161_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0161_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (180kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STAD dengan media mind mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Desa Kalijambe Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini dipilih dengan cara sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Uji validitas instrumen tes dan observasi menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD dengan media mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh t hitung sebesar 17,380 dengan Sig. (2-tailed)<0,05. Berdasarkan t tabel diperoleh 2,093. Jadi nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% (17,380 > 2,093), sehingga hipotesis diterima. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran STAD berbantuan media mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons., dan Rasidi, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran STAD, Hasil Belajar PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:37 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 04:37 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2212 |
Actions (login required)
View Item |