PENGARUH PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN POSTER MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Desa Kalijambe Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo)

Nursufia, Nila (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN POSTER MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Desa Kalijambe Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0161_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0161_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0161_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0161_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0161_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STAD dengan media mind mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Desa Kalijambe Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini dipilih dengan cara sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Uji validitas instrumen tes dan observasi menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD dengan media mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh t hitung sebesar 17,380 dengan Sig. (2-tailed)<0,05. Berdasarkan t tabel diperoleh 2,093. Jadi nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% (17,380 > 2,093), sehingga hipotesis diterima. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran STAD berbantuan media mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons., dan Rasidi, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran STAD, Hasil Belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:37
Last Modified: 23 Apr 2021 04:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2212

Actions (login required)

View Item View Item