PENERAPAN METODE GLOBAL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SDN Mangli, Kaliangkrik, Magelang)

Wahyuningsih, Wahyuningsih (2020) PENERAPAN METODE GLOBAL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SDN Mangli, Kaliangkrik, Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0158_BAB I_BAB II_ BAB III_BAB _DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0158_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0158_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0158_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0158_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui Metode global berbantuan media puzzle pada siswa kelas 1 SDN Mangli, Kaliangkrik, Magelang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN Mangli, Kaliangkrik, Magelang tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 siswa dengan 12 siswa laki-laki, dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes unjuk kerja. Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar tes unjuk kerja. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa kelas 1 dari 53% menjadi 77%, dan terjadi peningkatan rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 dari 75 menjadi 85 dengan presentase ketuntasan sebesar 77%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode global berbantuan media puzzle efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Mangli, Kaliangkrik, Magelang tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnanto, M.Pd dan Putri Meinita Triana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Global Berbantuan Media Puzzle, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:36
Last Modified: 23 Apr 2021 04:36
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item