Ramadlani, Nadiyata Nabila (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION BERBANTUANMEDIA KOMIKTERHADAP MINAT BACA CERITAPENDEK (Penelitian pada Siswa Kelas V SDN Prampelan I Kaliangkrik Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0156_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0156_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0156_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0156_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0156_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (324kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative IntegratedReading And Composition Berbantuan Media Komik Terhadap Minat Baca Cerita Pendek Kelas V di SDN Prampelan 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experiment design dengan tipe The One Group Pre Test-Post Test design. Subjek penelitian dipilih secara tekniksampling jenuh atau total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 30 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket minat baca cerita pendek. Uji validitas instrumen angket minat baca cerita pendek dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 25.00.Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample t-testdengan bantuan program SPSS for Windows versi 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative IntegratedReading And Composition berbantuan media komik berpengaruh positifterhadap minat baca cerita pendek siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample t-testdiperoleh nilai t hitung2.871. Nilai t tabel dilihat dari tabel distribusi t diperoleh nilai t sebesar 2.045. nilai probabilitas sebesar 0.008<0.05, sehingga dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat perbedaan skor rata-rata angket minat baca cerita pendek antara pretest sebesar 52,43 dan posttest 59,83. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative IntegratedReading And Composition berbantuan media komik berpengaruh positif terhadap minat baca cerita pendek siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si. dan Putri Meinita Triana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition, Media Komik, Minat Baca Cerita Pendek. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:35 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 04:35 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2207 |
Actions (login required)
View Item |