Andraeni, Rizka Veny (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN DAN GEOMETRI (PARI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Jurangombo 1 Magelang ). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0151_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (641kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0151_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0151_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0151_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0151_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (258kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based
Learning terhadap emahaman konsep Matematika Penelitian ini merupakan jenis
penelitian Pre-Experimental Design dengan tipe One Grup Pretest-Posttest Design.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Jurangombo 1 Magelang.
Sampel penelitian diambil secara total dari populasi 18 siswa. Metode pengambilan
data dilakukan melalui tes dan observasi. Uji validitas instrument dilakukan melalui
uji validitas ahli dan empiris. Uji validitas empiris menggunakan bantuan aplikasi
IBM SPSS statistics 25 begitu juga dengan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis
menggunakan uji normalitas. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik
statistic parametric yaitu Uji Paired Sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. sebesar 0,000 dan lebih kecil
dari taraf signifikasi 0,05 dan t skor sebesar -11.214. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes pemahaman konsep Matematika
yaitu pengukuran awal (pretest) 62,33 dan pengukuran akhir (posttest) 79,78.
Sehingga hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based
Learning berbantuan Media PARI berpengaruh terhadap Pemahaman Konsep
Matematika Siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna M.Si dan Galih Istiningsih,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, PARI, Pemahaman Konsep, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:33 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 02:49 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |