PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN DAN GEOMETRI (PARI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Jurangombo 1 Magelang )

Andraeni, Rizka Veny (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN DAN GEOMETRI (PARI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Jurangombo 1 Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0151_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0151_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0151_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0151_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0151_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap emahaman konsep Matematika Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan tipe One Grup Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Jurangombo 1 Magelang. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi 18 siswa. Metode pengambilan data dilakukan melalui tes dan observasi. Uji validitas instrument dilakukan melalui uji validitas ahli dan empiris. Uji validitas empiris menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS statistics 25 begitu juga dengan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu Uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. sebesar 0,000 dan lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 dan t skor sebesar -11.214. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes pemahaman konsep Matematika yaitu pengukuran awal (pretest) 62,33 dan pengukuran akhir (posttest) 79,78. Sehingga hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning berbantuan Media PARI berpengaruh terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna M.Si dan Galih Istiningsih,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, PARI, Pemahaman Konsep, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:33
Last Modified: 23 Apr 2021 04:33
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item