PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 Dusun Pakis Kidul)

Ristiyani, Mona (2020) PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 Dusun Pakis Kidul). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0150_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0150_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0150_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0150_FULLTEXT..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0150_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Direct Instructionberbantuan media Puzzle huruf terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di Dusun Pakis Kidul. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre experimental dengan menggunakan model one grup pretest – posttes design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Variabel didalam penelitian ini ada dua yaitu variabel terikat berupa keterampilan membaca siswa dan variabel bebas berupa model Direct Instruction berbantuan media Puzzle huruf. Sampel yang digunakan sebanyak 17. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan tes unjuk kerja membaca. Uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples T test dengan bantuan IMB SPSS Versi 25.00 Hasil penelitian menunjukan bahwa model Direct Instructionberbantuan media Puzzle huruf dapat berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan. Peningkatan keterampilan membaca permulan ini terlihat dari analisis Uji Paired sampels T Test dengan nilai seginifikansi sebesar 0,02 < 0,05 dengan hasil nilai rata-rata pre-test 58,23 dan skor rata-rata post-test 69,7. Berdasarkan analisis dan pembahasan terdapat peningkatan 11,47 dari skor rata-rata pre-test unjuk kerja membaca permulaan dan rata-rata post-test unjuk kerja membaca permulaan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M. Si., Kons. dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Permulaan, Model Direct Instruction, Media Puzzle Huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:30
Last Modified: 23 Apr 2021 04:30
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item