Windarti, Titin (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD N Permitan 1 Kab. Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0149_Bab I_Bab II_Bab III_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (742kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0149_Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0149_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0149_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0149_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version Download (260kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif tipe
Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika.Penelitian dilakukan
pada siswa SD N Permitan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.
Penilitian ini dilakukan khususnya pada siswa kelas IV di SD N Permitan 1
Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.
Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Groub Design
dengan satu perlakuan. Subjek penelitian dipilih secara random sampling yaitu
secara acak. Kelompok ekperimen terdiri dari 29 siswa diberi perlakuan
(penggunaan model Course Review Horay dan kelompok control terdiri dari 27
siswa yang tidak diberi perlakuan. Ada dua variabel yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu : variabel terikat yang berupa hasil belajar matematika,
variabel bebas yang berupa model Kooperatif tipe Course Review Horay. Teknik
Analisis Data yang digunakan adalah Uji Paired Sample T Test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model Kooperatif tipe Course Review
Horay berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dengan
adanya perbedaan nilai rata-rata antar kelompok eksperimen dengan kelompok
kontrol. Pada kelompok eksperimen terdapat peningkatan rata rata dari sebelum
diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan hasil belajar dari 57,5
menjadi 80,5. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model
Kooperatif tipe Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas IV SD N Permitan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten
Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ari Suryawan, M.Pd dan Ibu Septiyati Purwandari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Model Kooperatif Tipe Course Review Horay |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 04:29 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |