Aden, Orchidia Yaltafit (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA PALU KOMBIPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Trasan 1 Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Materi Bangun Datar). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0148_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (721kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0148_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0148_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0148_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0148_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (246kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media PALU KOMBIPOLI (Papan Ludo Kombinasi Monopoli) terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Trasan 1 Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Pre Experimental Design) dengan model One Grup Pretest Posttest Design. Subjek Penelitian dipilih secara total sampling. Populasi pada penelitian ini sebanyak 20 siswa, sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar Matematika dan observasi. Uji validitas intrumen tes hasil belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 25.00. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas, dan uji hipotesis. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji paired sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 25.00. Kesimpulan hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar Matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata nilai hasil pretest yaitu 52,25 dan posttest 80,75. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media PALU KOMBIOLI berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika materi bangun datar.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs Tawil ,M.Pd.,Kons. dan Septiyati Purwandari, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Teams Games Tournament, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:27 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 04:27 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2197 |
Actions (login required)
View Item |