ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU ERA PANDEMI COVID-19 (Penelitian dilaksanakan di SDN Deyangan 2 Mungkid Kabupaten Magelang)

Karimatunnissa, Afifah (2020) ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU ERA PANDEMI COVID-19 (Penelitian dilaksanakan di SDN Deyangan 2 Mungkid Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0143_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0143_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0143_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0143_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0143_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan pada era pandemi Covid-19 ini yang dilakukan di SDN Deyangan 2 Kabupaten Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran daring dan strategi pembelajaran luring, 2) strategi pembelajaran daring dan luring berjalan dengan baik, namun karena adanya permasalahan yang berkaitan dengan fasilitas yang dimiliki anak, menjadikan kegiatan pembelajaran kurang meksimal, adanya kerjasama antara guru siswa dan orangtua dapat menjadikan pembelajaran tersampaikan dengan baik. 3) permasalahan yang ada karena tidak semua orang tua mamapu memfasilitasi anak untuk memiliki Handphone, tidak ada kuota dan sulitnya jaringan juga menjadi penghambat bagi anak untuk mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut memberikan informasi peneliti bahwa adaptasi dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan pada masa pandemi covid-19 ini perlu cepat, inovatif dan lebih kreatif.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Septiyati Purwandari, M.Pd. dan Galih Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Strategi Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:24
Last Modified: 23 Apr 2021 04:24
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item