Sari, Nur Ayu Rimbang (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MEDIA UTAMA (ULAR TANGGA MANUSIA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Kelas 3 SD Negeri Medari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0134_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (951kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0134_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0134_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0134_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0134_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (281kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media UTAMA (Ular Tangga Manusia) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Medari. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan soal pilihan ganda sebanyak 25 soal yang sudah diuji tingkat kevalidan dan reliabilitasnya. Uji validitas soal pilihan ganda menggunakan rumus pearson menggunakan bantuan Microsoft Exel 2010 for windows sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan IBM Statistic SPSS 25.0 for windows. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik Wilcoxon Test berbantu IBM Statistic SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model NHT berbantuan media UTAMA berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan Zhitung sebesar -4,794 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05, berarti ada perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika sebelum dan hasil belajar matematika sesudah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran NHT berbantuan media UTAMA. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT berbantuan media UTAMA berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Purwati,MS.,Kons. dan Ari Suryawan, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model NHT, Media UTAMA, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:19 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 04:19 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2190 |
Actions (login required)
View Item |