Setyawan, Bangkit Hadi (2020) PENGARUH MODEL MEMORISASI TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar di Desa Bandongan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2019/2020). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0131_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (984kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0131_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0131_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0131_FULLTEXT..pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0131_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (247kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Memorisasi terhadap minat belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri di Bandongan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen Pre Experimental Design dengan model One Group Pretest Postest Design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar di Desa Bandongan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang yang dipilih dengan cara sampel jenuh. Sampel penelitian yang diambil sebanyak 15 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket minat belajar matematika dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Uji validitas instrumen angket minat belajar matematika menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan bantuan IBM SPSS for Windows Statistic 25.00. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS for Windows Statistic 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Memorisasi berpengaruh positif terhadap minat belajar matematika dan model memorisasi terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test pada sampel dengan probababilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat pengaruh signifikan sebesar 5%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa, penggunaan Model Memorisasi berpengaruh positif terhadap minat belajar matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Purwati M.S.,Kons. dan Galih Istiningsih, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Matematika, Model Memorisasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:06 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 04:06 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2187 |
Actions (login required)
View Item |