PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR (Penelitian dilakukan pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS SD Negeri Golok, Kabupaten Purworejo)

Alexandra, Shintia (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR (Penelitian dilakukan pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS SD Negeri Golok, Kabupaten Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0074_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (932kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0074_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0074_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0074_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0074_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Golok kecamatan Banyuurip, kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model pre eksperimen tipe One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih secara sampling jenuh. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 14 siswa dari total siswa di kelas IV SD Negeri Golok. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan tes dan angket. Uji validitas instrumen tes dan angket menggunkan teknik korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for window. versi 21. Uji prasyarat analisis menggunkan uji normlitas, dan analisis data menggunkan teknik statistik paired sampel t-test dengan bantuan program SPPS for Windows versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran quantum teaching berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar dari 74 menjadi 85 dan juga adanya peningkatan skor rata-rata minat belajar siswa khususnya pelajaran IPS dari 58 menjadi 65. Skor tersebut juga dibuktikan dengan analisis uji statistik paired sample t-test untuk hasil belajar dengan hasil probabilitas nilai sig.(2-tailed) 0,000< 0,05 sedangkan uji statistik paired sample t-test untuk minat belajar menunjukkan probablitas nilai sig.(2- tailed) 0,005<0,05 sehingga ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest baik itu hasil belajar maupun minat belajar.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Purwati, MS., Kons. dan Septiyati Purwandari, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Teaching, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:03
Last Modified: 23 Apr 2021 04:03
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2183

Actions (login required)

View Item View Item