PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pangenrejo, Purworejo )

Anggriasari, Griva (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pangenrejo, Purworejo ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0062_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0062_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0062_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0062_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0062_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Together (LT) berbantuan media monopoli terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 2 Pangenrejo, Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimen. Subjek penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 31 siswa, sedangkan populasi yang diambil juga sebanyak 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama empat hari yaitu pada tanggal 9 Maret 2020-12 Maret 2020. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Together (LT) berbantuan media monopoli berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon pada hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh nilai Z sebesar -2,038 dengan Asymp. Sig 2 tailed sebesar 0,042 (0,042<0,05). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Together (LT) berbantuan media monopoli berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons. dan Tria Mardiana M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Learning Together (LT), Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:02
Last Modified: 23 Apr 2021 04:02
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item View Item