PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KADO PENA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Dilakukan di Desa Gedongsari Kelas IV Muatan Matematika Materi Pecahan Senilai)

Isnaeni, Ema (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KADO PENA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Dilakukan di Desa Gedongsari Kelas IV Muatan Matematika Materi Pecahan Senilai). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0002_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0002_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0002_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0002_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0002_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Discovey Learning berbantuan KADO PENA terhadap hasil belajar siswa kelas IV muatan matematika materi pecahan senilai di Desa Gedongsari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan model Nonequivalent Control Grup Design. Subjek penelitian dipilih secara jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 20 orang siswa terdiri dari 10 siswa kelompok eksperimen dan 10 siswa kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data yang digunakan Independent Sample T Test dengan bantuan program SPSS versi 25.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan KADO PENA berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Independent Sample T Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,006 < 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Septiyati Purwandari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:57
Last Modified: 23 Apr 2021 03:57
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2179

Actions (login required)

View Item View Item