PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL) BERBANTU MEDIA POLISORITA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Manding Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung)

Rahmawati, Fauziah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL) BERBANTU MEDIA POLISORITA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Manding Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0110_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0110_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0110_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0110_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0110_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) berbantu media Polisorita terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD Negeri Manding Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan soal pilihan ganda berjumlah 32 soal yang sudah diuji tingkat kevalidannya dan reliabilitasnya. Uji validitas soal pilihan ganda menggunakan rumus pearson menggunakan bantuan Microsoft Excel 2010 for windows sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan komputer program SPSS Statistic 25.0 for windows. Analisis data menggunakan teknik statistik Wilcoxon Test berbantuan program SPSS Statistic 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) berbantu media Polisorita berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan zhitung sebesar -4,627 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05, berarti ada perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika sebelum dan hasil belajar matematika setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran SAVI berbantu media Polisorita. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI berbantu media Polisorita berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si., dan Ari Suryawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI , Media Polisorita, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:51
Last Modified: 23 Apr 2021 03:51
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item View Item