PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

Prasetya, Dimas Tri (2019) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0102.0149_Bab-1,-Bab-2,Bab-3,Bab-5,Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0102.0149_Bab-4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0102.0149_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0102.0149_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0102.0149_Pernyataan-Publikasi.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview

Abstract

Perusahaan dalam menghadapi globalisasi tidak cukup hanya memproduksi barang dan meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun, perusahaan yang mampu bertahan dengan persaingannya dalam globalisasi justru mampu mensejahterakan lingkungan perusahaan baik internal maupun eksternal, serta mampu menjalankan regulasi Undang – Undang No. 40 Tahun 2007. Regulasi tersebut berkaitan dengan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau corporate social responsibility (CSR). Perusahaan yang menjalankan regulasi tersebut, dengan harapan agar dapat menaikkan nilai perusahaan. Sehigga dalam penerapannya, tentunya akan mengeluarkan biaya baik perusahaan itu dalam profitabilitas yang rendah maupun profitabilitas perusahaan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya konsep signaling theory dan litigation cost theory dengan melihat efek dari perusahaan profitabilitas tinggi dan rendah dalam hubungan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Indikator CSR diukur dengan GRI (Global Reporting Initiative) G3 (79 indikator). Berdasarkan pengambilan sampel purposive sampling dengan penelitian 5 tahun (2013-2017) deiperoleh sampel sebanyak 30 sampel dengan profitabilitas tinggi dan 40 sampel dengan profitabilitas rendah. Sehingga secara integrasi diperoleh sebanyak 14 perusahaan atau 70 sampel. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik t dan chow test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpegaruh postif terhadap nilai perusahaan dan peran profitabilitas yang tinggi maupun rendah dapat memoderasi/memperkuat hubungan positif antara corporate social responsibility dengan nilai perusahaan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Wawan Sadtyo Nugroho, SE, M.Si., Ak., CA (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:17
Last Modified: 29 Apr 2019 08:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item