ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI COVID-19 (Penelitian di SD Negeri Manding Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung)

Nirasari, Nadya (2020) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI COVID-19 (Penelitian di SD Negeri Manding Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0096_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0096_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0096_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0096_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0096_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, kendala, dan upaya dalam pembelajaran tematik integratif, pendekatan scientific approach, dan penilaian autentik dalam pembelajaran saat pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Manding Temanggung. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi terhadap kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, serta pencermatan beberapa dokumen perangkat pembelajaran guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu guru melaksanakan pembelajaran dengan tematik integratif, penerapan pendekatan saintifik, dan penilaian autentik. Pada pelaksanaan pembelajaran saat pandemi covid, masih terdapat kendala yaitu beberapa siswa tidak memiliki smartphone, kuota siswa yang terbatas, tidak menerapkan aplikasi seperti zoom, google classroom, pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik tidak semua langkah dapat diterapkan, penilaian selama pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara daring. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut berupa pelaksanaan pembelajaran secara home visit, menggunakan video pembelajaran, memberikan penugasan secara tertulis dan orangtua yang mengambil tugas ke sekolah, walaupun dalam pelaksanaannya belum maksimal karena terbatasnya interaksi dan komunikasi selama pandemi covid-19.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ari Suryawan, M.Pd., dan Tria Mardiana M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tematik Integratif, Pendekatan Saintifik, Penilaian Autentik, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:47
Last Modified: 23 Apr 2021 03:47
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item View Item