Darwiastuti, Betty Risma (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERRED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Tidar 3 Kecamatan Magelang Selatan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0094_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (750kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0094_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0094_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0094_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0094_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (164kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numberred Head Together berbantuan media batang napier terhadap hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Tidar 3 Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental dengan model One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian dipilih secara exhaustive sampling (sampling jenuh). Sampel yang diambil sebanyak 26 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Uji validitas instrumen tes hasil belajar dengan menggunakan rumus Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non-parametrik yaitu uji Wilcoxon Signed-Rank Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numberred Head Together berbantuan media batang napier berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon Signed-Rank Test pada kelas eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan post-test sebesar 11,07. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numberred Head Together berbantuan media batang napier berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si. dan Tria Mardiana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Numberred Head Together |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:46 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 03:46 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2164 |
Actions (login required)
View Item |