PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POHON FAKTOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Banjarharjo Desa Banjarharjo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang)

Triyana, Dina Auliya (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POHON FAKTOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Banjarharjo Desa Banjarharjo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0054_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (929kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0054_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0054_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0054_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0054_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Together berbantuan media pohon faktor terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Designs, khususnya pola one group pretest posttest design (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD N Banjarharjo Desa Banjarharjo yang berjumlah 20 siswa dan sampel yang diambil seluruh siswa kelas IV SD N Banjarharjo Desa Banjarharjo yang berjumlah 20 siswa. Jumlah sampel yang digunakan 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes. Uji validitas instrumen tes dengan menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha sedangkan uji hipotesis menggunakan paired sampel t test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Number Head Together berbantuan media pohon faktor berpengaruh positif meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis paired sampel t test dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Skor rata-rata pretest 66,4 dan skor rata-rata posttest 81.8. Pengujian hipotesis dengan t Hitung (-6,135) yang lebih besar dari t tabel (2,093) menunjukkan bahwa model pembelajaran Number Head Together berbantuan media pohon faktor dapat menigkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Ari Suryawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Number Head Together, Pohon Faktor, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:36
Last Modified: 23 Apr 2021 03:36
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item