Triyana, Dina Auliya (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POHON FAKTOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Banjarharjo Desa Banjarharjo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0054_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (929kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0054_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0054_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0054_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0054_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (338kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Number Head Together berbantuan media pohon faktor terhadap hasil belajar
matematika.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Designs,
khususnya pola one group pretest posttest design (tes awal-tes akhir kelompok
tunggal). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD N
Banjarharjo Desa Banjarharjo yang berjumlah 20 siswa dan sampel yang diambil
seluruh siswa kelas IV SD N Banjarharjo Desa Banjarharjo yang berjumlah 20
siswa. Jumlah sampel yang digunakan 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling
dengan jenis sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes. Uji
validitas instrumen tes dengan menggunakan rumus product moment dan uji
reliabilitas menggunakan cronbach alpha sedangkan uji hipotesis menggunakan
paired sampel t test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
Number Head Together berbantuan media pohon faktor berpengaruh positif
meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil
analisis paired sampel t test dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan
hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan
posttest. Skor rata-rata pretest 66,4 dan skor rata-rata posttest 81.8. Pengujian
hipotesis dengan t Hitung (-6,135) yang lebih besar dari t tabel (2,093)
menunjukkan bahwa model pembelajaran Number Head Together berbantuan
media pohon faktor dapat menigkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Ari Suryawan, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Number Head Together, Pohon Faktor, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:36 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 01:59 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |