PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019)

Rahayu, Kartika Tri (2020) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0102.0031_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0102.0031_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0102.0031_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0102.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0102.0031_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri yang menunjukkan efektivitas perusahaan, semakin tinggi laba yang dihasilkan maka perusahaan tersebut semakin efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas perusahaan. Profitabilitas dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Berdasarkan metode pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan periode penelitian 5 tahun diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Sedangkan Pertumbuhan Penjualan (GROWTH) berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan. Hasil ini menunjukan bahwa stakeholder dan shareholder lebih mengandalkan informasi keuangan dibandingkan informasi non-keuangan seperti pengungkapan CSR dalam mengambil keputusan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Lilik Andriyani,M.Si dan Annisa Hakim Purwantini .S.E,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility (CSR), Pertumbuhan Penjualan (GROWTH), Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:35
Last Modified: 23 Apr 2021 03:35
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item