Mukaromah, Dina Hanania (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL) MELALUI MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Wonosari Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0046_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (547kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0046_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0046_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0046_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0046_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (266kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intelektual) melalui Media papan pintar terhadap hasil belajar IPA kelas III di SD Negeri Wonosari Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Desain penelitian ekperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs dengan model one group Pretest-posttest design. Desain penelitian ini dikatakan sebagai one group Pretest-posttest design karena sebelum diberi perlakuan, terlebih dahulu mengambil sampel sebanyak 20 siswa kemudian diberi Pretest dan diberi posttest di akhir pembelajaran. Pengujian validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dengan bantuan progam SPSS for Windows versi 25.00. Dalam penelitian ini, uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dengan bantuan program komputer IMB SPSS 25 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intelektual) melalui media Papan Pintar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III pada materi penggolongan makhluk hidup. Dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas III. Dibuktikan dengan uji Kolmogorov Smirnov t tabel 7,07 sig α 0,00 dan < 0,05 dan Ha telah diterima dan rata-rata siswa meningkat yang semula hanya ada 65% siswa yang lulus setelah diberikan treatment menjadi 85% siswa yang lulus meningkat sebesar 20% dengan nilai rata rata awal sebelum treatment 59 dengan nilai tertingi 72 dan terendah 40 kemudian meningkat menjadi 79 dengan nilai tertinggi 96 dan terendah 60.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd dan Septiyati Purwandari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam, Pembelajaran SAVI, Media Papan Pintar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:32 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 03:32 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2141 |
Actions (login required)
View Item |