Yustitia, Laras Subo (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA PUZGAN GAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sadangkulon Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0039_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (758kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0039_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0039_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0039_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0039_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (413kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan media puzgan gaman terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Sadangkulon, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah Pre–Exsperimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posstest Design. Sampel yang diambil sebanyak 19 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda berjumlah 30 soal yang sudah diuji tingkat kevalidannya dan reliabilitasnya. Uji validitas instrumen meggunakan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson dengan bantuan program komputer IBM SPSS versi 20. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan program IBM SPSS versi 20. Analisis data menggunakan teknik statistik Paired Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan media puzgan gaman berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA sebelum penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media puzgan gaman (pretest), dengan sesudah perlakuan (posttest) menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media puzgan gaman, yang dibuktikan dengan nilai probabilitas 0,00 < 0,05. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan media puzgan gaman terhadap hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Tria Mardiana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran STAD, Media Puzgan Gaman, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:30 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 03:30 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2139 |
Actions (login required)
View Item |