PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA KARTU AKSARA JAWA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di Dusun Gandulan Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung)

Eviyana, Eviyana (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA KARTU AKSARA JAWA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di Dusun Gandulan Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0031_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (807kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0031_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0031_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0031_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran Student Team Achivement Division dengan Media Kartu Aksara Jawa terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa pada siswa kelas IV di Dusun Gandulan, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental. Rancangan penelitian eksperimen ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali dengan rancangan tes awal-tes akhir pada satu kelompok (One Group Pretest-Postest Design). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Dusun Gandulan sebanyak 10 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Tes Essay. Uji instrumen pada penelitian ini yang divalidasi melalui validasi ahli dan validasi konstruk. Sedangkan uji reliabilitas pada penelitian ini menggunakan rumus Cronbach’s Alpa. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji nomalitas, dan uji hipotesis Analisis data menggunakan teknik statisticparametric yaitu Uji n Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 20.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan pembelajaran Student Team Achivement Division dengan media kartu aksara jawa terhadap keterampilan menulis aksara jawa pada siswa kelas IV di Dusun Gandulan. Dibuktikan dengan hasil analisis Uji Paired Sample T-Test pada unjuk kerja tes dengan probabilitas nilai signifikansi adalah nilai thitung9.671 > ttabel 2.262.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd, dan Galih Istiningsih, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Student Team Achivement Division, Kartu Aksara Jawa, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:23
Last Modified: 23 Apr 2021 03:23
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item