PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA LACI BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II Lingkungan Wonolelo Muntilan)

Muttaqiin, Hapsari Nur (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA LACI BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II Lingkungan Wonolelo Muntilan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0003_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0003_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0003_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0003_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0003_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan media laci berhitung terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II di Lingkungan Wonolelo Muntilan. Penelitian ini menggunakan desain pre experimental tipe one grup pretest– posttes design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 14 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha dengan bantuan program IMB SPSS Versi 25.00. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-test dengan bantuan IMB SPSS Versi 25.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan media laci berhitung dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Paired Sample T-test pada soal pre test dan post test dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan skor rata-rata pre test 57,86 dan post test 77,50. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat peningkatan 19,64 dari skor rata-rata soal pre test dan post test. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan media laci berhitung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M. Si., Kons dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model SAVI Berbantuan Media Laci Berhitung, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:19
Last Modified: 23 Apr 2021 03:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item View Item