Triyaningsih, Triyaningsih (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA KALKULATOR AJAIB TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kaliurip, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0190_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (675kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0190_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0190_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0190_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0190_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (209kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan media kalkulator ajaib terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Kaliurip. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research), sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelompok kontrol dan 20 siswa kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Uji validitas intrumen hasil belajar matematika dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronchbach alpha dengan bantuan program IBM SPSS 23. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas uji linieritas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independen sampel t-test dengan bantuan program IBM SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif berbantuan media kalkulator ajaib berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Independen sampel t test Pada kelompok eksperimen dengan probilitas nilai sig (2tailed) 0,000<0,05 yang diperkuat dengan melakukan perbandingan perolehan thit>ttab. Hasil analisis diperoleh thit8,496>ttab2,429. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 85,05 dan kelompok kontrol sebesar 73,15. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan media kalkulator ajaib memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Kaliurip.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si dan Galih Istiningsih M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Media Kalkulator Ajaib, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:17 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 03:17 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2121 |
Actions (login required)
View Item |