PENGARUH PELATIHAN PENGEMBANGAN KONSEP DIRI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR(Penelitian pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Magelang)

Harjanti, Dian Rina (2019) PENGARUH PELATIHAN PENGEMBANGAN KONSEP DIRI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR(Penelitian pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0018 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0018 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0018 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0018 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan pengembangan konsep diri akademik untuk meningkatkan minat belajar. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Magelang Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen murni (True Experimental Design), desain penelitian ini menggunakan desain pretest-posttes control group design. Sample yang diambil sebanyak 24 siswa, yang terdiri dari 12 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 12 siswa sebagai kelompok kontrol. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket minat belajar, uji validitas instrument angket minat belajar dengan menggunakan rumus Cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 16.0. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan analisis data menggunakan statistic parametric dengan uji One Way Anova Hasil penelitian di SMP Negeri 9 Kota Magelang menunjukkan bahwa pelatihan pengembangan konsep diri akademik berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan perbedaan skor post test yang lebih tinggi dibanding dengan skor pre test sebelum diberi pelatihan pengembangan konsep diri akademik untuk meningkatkan minat belajar. hasil analisis statistic parametric menggunakan uji One way Anova dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat peningkatan skor sebesar 7,77 % pada kelompok eksperimen. Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan pengembangan konsep diri akademik berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si. Kons dan Indiati, M.Pd, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Pengembangan Konsep Diri Akademik, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:01
Last Modified: 29 Apr 2019 08:01
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item