Rachmawati, Syafa’ Asih (2018) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA(Penelitian pada Siswa Kelas VIII A SMP NEGERI 13 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0014_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (657kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0014_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0014_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0014_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 13 Kota Magelang T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu eksperimen murni (true eksperimental), desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan teknik sosiodrama dan 8 siswa yang tidak diberi perlakuan teknik sosiodrama. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic parametric yaitu uji Anova (Analysis of Variance) yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.00. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Anova (Analysis of Variance) pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig 0,014< 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket kedisiplinan antara kelompok eksperimen sebesar 33,375 dan kelompok kontrol sebesar 3 . Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kedsiplinan siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Sugiyadi, M.Pd. Kons. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Kedisiplinan Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 07:52 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 07:52 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/206 |
Actions (login required)
View Item |