EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA(Penelitian Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Sawangan Magelang)

Purnomosari, Wulan (2018) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA(Penelitian Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Sawangan Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0063 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0063 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0063 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0063 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management terhadap peningkatan disiplin belajar siswa kelas VII F SMP N 1 Sawangantahun ajaran 2017/2018 Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest –posttest one group design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu 8 siswa yang mengalami disiplin belajar rendah atau sedang. Variabel bebas adalah konseling kelompok dengan teknik self- management, dan variabel terikat adalah disiplin belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala disiplin belajar. Analisis data menggunakan statistic nonparametric dengan uji wilcoxon signed rank test dengan bantuan program spss version 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh terhadap peningkatan disiplin belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan perbedaan peningkatan skor post test yang signifikan lebih tinggi dibanding dengan skor pre test sebelum diberikan konseling kelompok dengan teknik self management. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr.Riana Mashar, M.Si,Psi. dan Paramita Nuraini, M.Pd., Kons. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Self Management, Disiplin Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:50
Last Modified: 29 Apr 2019 07:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item