BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA(Penelitian Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Sawangan)

Fajriani, Nurmeilita (2019) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA(Penelitian Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Sawangan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0061_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0061_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0061_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0061_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik role playing dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa, penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Sawangan. Penelitian ini menggunakan pre test - post test control group design dengan dua perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu siswa yang diberi perlakuan (bimbingan kelompok dengan teknik role playing) dan 10 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic parametrik Uji ANOVA (Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor skala keterampilan komunikasi interpersonal antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dimana skor kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelompok kontrol. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Sawangan T.A 2017/2018.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd. dan Nofi Nur Yuhenita M.Psi. (Pembimbing)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:51
Last Modified: 29 Apr 2019 07:51
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item