PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING(Penelitian pada Siswa Kelas X IS1 SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang)

Latifah, Ulfa Nur (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING(Penelitian pada Siswa Kelas X IS1 SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0058_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0058_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0058_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0058_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan pemahaman perilaku bullying. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X IS 1 SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 16 siswa, 8 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberi perlakuan (bimbingan kelompok dengan teknik role playing ) dan 8 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik yaitu uji Anova (Analysis of Variance) dengan bantuan program SPSS for windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman perilaku bullying. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor skala pemahaman perilaku bullying antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dimana skor peningkatan kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil analisis parametrik menggunakan Uji Anova pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,009< 0,05. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman perilaku bullying siswa kelas X IS 1 SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang T.A 2018/2019.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons dan Paramita Nuraini, M.Pd.,Kons. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing, Pemahaman Perilaku Bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:51
Last Modified: 29 Apr 2019 07:51
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item