Bisri, Cholil (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA MEROKOK MELALUI TEKNIK BRAINSTORMING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK(Penelitian pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kaliangkrik Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0301.0042 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (781kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0301.0042 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0301.0042 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (919kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0301.0042 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Teknik Brainstorming dalam Layanan Bimbingan Kelompok terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang bahaya merokok kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen (Pre-experimental Design) dengan rancangan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek Penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 28 siswa terdiri 8 siswa sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket pemahaman bahaya merokok. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan teknik brainstorming dalam layanan bimbingan kelompok berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang bahaya merokok. hal ini dibuktikan dari analisis Wilcoxon Signed Ranks Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed)=0,012< 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat peningkatan skor tertinggi adalah 29 atau 35,36% dan terendah sebesar 8 atau 9,63%. Rata –rata skor sebesar 20,37 atau 25,07%.. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Teknik Brainstorming dalam Layanan Bimbingan Kelompok berpengaruh positif terhadap peningkatan pemhamana siswa tentang bahaya merokok.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons. dan Sugiyadi, M.Pd.,Kons. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Teknik Brainstorming, Layanan Bimbingan Kelompok, Bahaya Merokok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 06:58 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 06:58 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/194 |
Actions (login required)
View Item |