PENGARUH CERITA FABEL TERHADAP EMPATI ANAK (Penelitian di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Asy Syaffa’ 1 Kota Magelang)

Setiani, Rika (2018) PENGARUH CERITA FABEL TERHADAP EMPATI ANAK (Penelitian di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Asy Syaffa’ 1 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0027_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0027_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0027_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0027_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cerita fabel terhadap empati anak kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Asy Syaffa’ 1 Kota Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan model The Nonequivalen Control Group Design. Subjek Penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 30 anak terdiri dari 15 anak kelompok kontrol dan 15 anak kelompok eksperimen. Metode pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan lembar observasi empati. Uji validitas instrumen melalui expert judgement dengan dua ahli. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji Mann-Whitney dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita fabel berpengaruh positif terhadap empati anak. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Mann-Whitney pada pengukuran akhir kelompok kontrol dan eksperimen dengan probabilitas sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat perbedaan rata-rata pencapaian empati anak antara kelompok kontrol sebesar 8,00 dan kelompok eksperimen sebesar 23,00. Hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa pemberian cerita fabel berpengaruh positif terhadap empati anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si.(0007096412)dan Khusnul Laely, S.Pd., M.Pd(0620078601)
Uncontrolled Keywords: cerita fabel, empati
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:38
Last Modified: 27 Oct 2020 02:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item