PENGARUH BERCERITA MENGGUNAKAN WAYANG KARDUS TERHADAP WORD ACQUISITION BAHASA JAWA PADA ANAK (Penelitian di kelompok B Tk An-nur Ngadirojo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang)

Purnawati, Atik (2018) PENGARUH BERCERITA MENGGUNAKAN WAYANG KARDUS TERHADAP WORD ACQUISITION BAHASA JAWA PADA ANAK (Penelitian di kelompok B Tk An-nur Ngadirojo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0008_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0008_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0008_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0008_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bercerita menggunakan wayang kardus terhadap word acquisition bahasa Jawa anak di Taman Kanak-Kanak An-Nur, Ngadirojo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Desain penelitian ini menggunakan One group pre test- post test design. Teknik Sempling penelitian ini menggunakan total sampling dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa berjumlah 15 siswa kelompok B Taman Kanak- Kanak An-Nur, Ngadirojo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi yang diukur menggunakan 6 indikator yang dijabarkan ke dalam 10 sub indikator. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametric Wilcoxon dengan bantuan SPSS for windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bercerita menggunakan wayang kardus memiliki pengaruh positif terhadap word acquisition bahasa Jawa anak. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan bantuan SPSS Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon Z hitung sebesar -3.473a dengan p=0.001<0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan keterampilan word acquisition bahasa Jawa anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa bercerita menggunakan wayang kardus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bercerita menggunakan wayang kardus berpengaruh terhadap word acquisition bahasa Jawa anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si.(0007096412) dan Hermahayu, M.Si. Psi.(0611098203)
Uncontrolled Keywords: wayang kardus, bercerita, word acquisition bahasa Jawa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:33
Last Modified: 27 Oct 2020 02:33
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item View Item