Dewi, Suci Martha Mustika Retno (2018) PENGARUH PERMAINAN ESTAFET BOLA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK (Penelitian pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Universal Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0304.0019_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0304.0019_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0304.0019_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0304.0019_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan sosial
emosional anak melalui permainan estafet bola pada Taman Kanak- kanak Universal
Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung.
Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian Eksperimen dengan
pemberian treatment yang masing – masing mencakup perencanaan, pelaksanaan,
observasi.Subyek penelitian sebanyak dua belas anak di Taman Kanak - kanak
Universal Desa Gendengan, Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung tahun
ajaran 2017/2018.Kedua belas subyek yang memiliki kemampuan sosial emosional
masih perlu stimulasi diantaranya belum mau bekerjasama dalam satu kegiatan,
belum mau mengajak teman untuk bermain, belum mau bersikap baik pada semua
teman, belum dapat menahan marah ketika teman berbuat kesalahan, belum mau
bermain sesuai aturan yang sudah disepakati, belum mau berbagi mainan dengan
teman, belum dapat menyelesaikan masalah sederhana, belum mau menghargai
keunggulan orang lain. Setelah dilakukan permainan estafet bola perkembangan
social emosional anak dapat meningkat.Metode pengumpulan data menggunakan
observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen.Penelitian
eksperimen merupakan pendekatan penelitian kuantitatif. Rancangan eksperimen
untuk membuktikan ada tidaknya hubungan sebab-akibat yang dihasilkan pada
penelitian. Hasil dari penelitian ini, perkembangan sosial emosional anak mengalami
peningkatan dengan hasil perkembangan awal adalah nilai mean 10,58 dan
perkembangan akhir nilai mean 27,83.Nilai Z adalah – 3,069 yang menyatakan
bahwa tidak ada perbedaan kemampuan sosial emosional subyek pada pengukuran
akhir setelah diberi perlakuan bermain dengan estafet bola ditolak berarti
signifikan..Hal ini menunjukkan bahwa permainan estafet bola dapat meningkatkan
perkembangan sosial emosional anak di Taman Kanak- kanak Universal Desa
Gendengan, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si. (0007096412) dan Dede Yudi, S.Pd
Uncontrolled Keywords: bermain estafet bola, perkembangan sosial emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:13
Last Modified: 23 Jan 2025 07:10
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item