TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KLINIK PENYAKIT DALAM DI RSUD KAB. MAGELANG

Nadia, Nadia (2018) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KLINIK PENYAKIT DALAM DI RSUD KAB. MAGELANG. Diploma thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0038_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview
[img] PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0038_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0038_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Karya Tulis Ilmiah)
15.0602.0038_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy

Abstract

Pengukuran kepuasan pasien adalah salah satu pendekatan untuk mengukur kualitas suatu pelayanan. Menyediakan pelayanan dengan kualitas yang baik agar tercapainya kepuasan pasien adalah suatu strategi untuk kesuksesan jangka panjang suatu rumah sakit. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian untuk mengukur tingkat kepuasan pasien rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Magelang ditinjau dari dimensi kemampuan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), berwujud (tangible), mengetahui dimensi pelayanan mana yang perlu menjadi prioritas perbaikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan cross sectional pada pasien yang sedang berobat di instalasi rawat jalan rumah sakit umum daerah Kab. Magelang melalui observasi dengan menyebarkan kuesioner tertutup untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan merupakan data primer. Jumlah sampel yang diperoleh berjumlah 109 sampel dengan metode purposive sampling. Teknik penentuan sampel berdasarkan karakteristik tertentu yaitu usia 20-65 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut pemetaan pada diagram cartesius mayoritas dari Kuadran II di mana responden merasa puas dan menganggap penting pada pernyataan tersebut, ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan obat di Instalasi Farmasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Magelang Periode Juni 2018 termasuk dalam kategori puas.

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Pembimbing: Metty Azalea, S. Far., M. Sc., Apt. (0607038401) dan Herma Fanani Agusta, M.Sc., Apt. (0622088504)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, instalasi farmasi rumah sakit, kualitas pelayanan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Oct 2020 01:55
Last Modified: 27 Oct 2020 01:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item