BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN CBT TEKNIK “ COGNIT IV E R E S T RUC TUR ING ” UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KONFLIK SOSIAL (Penelitian pada Siswa Kelas XI Mesin SMK Yudya Karya Magelang)

Astuti, Yunita Puji (2018) BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN CBT TEKNIK “ COGNIT IV E R E S T RUC TUR ING ” UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KONFLIK SOSIAL (Penelitian pada Siswa Kelas XI Mesin SMK Yudya Karya Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0075_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0075_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0075_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0075_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok pendekatan CBT teknik “Cognitive Restructuring” untuk mengembangkan kemampuan pengelolaan konflik sosial. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI Mesin SMK Yudya Karya Magelang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 16 siswa, 8 siswa masuk dalam kelompok eksperimen dan 8 siswa masuk dalam kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan skala pengelolaan konflik sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik Uji Mann Whitney dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok pendekatan CBT teknik “Cognitive Restructuring” efektif untuk mengembangkan kemampuan pengelolaan konflik sosial. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor rata-rata skala pengelolaan konfik sosial antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Semakin banyak peningkatan skor skala pengelolaan konflik sosial maka kemampuan pengelolaan konflik sosial siswa semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa keefektifan bimbingan kelompok pendekatan CBT teknik cognitive restructuring dapat mengembangkan kemampuan pengelolaan konflik sosial pada kelas eksperimen

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. (0012096606) dan Dr. Riana Mashar,S.Psi,M.Si. (0614107401)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Cognitive Restructuring, Pengelolaan Konflik Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:33
Last Modified: 22 Oct 2020 06:33
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item