PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK DESENTISASI SISTEMATIS (Penelitian pada Siswa Kelas XI Akuntansi II SMK Muhammadiyah Salaman)

Latifah, Isnaini Nur (2018) PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK DESENTISASI SISTEMATIS (Penelitian pada Siswa Kelas XI Akuntansi II SMK Muhammadiyah Salaman). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0038_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0038_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0038_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0038_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bimbingan kelompok Cognitive Behavior Therapy teknik desentisasi sistematis terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Akuntansi II SMK Muhammadiyah Salaman. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa dengan pembagian 10 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 10 sebagai kelompok kontrol. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Meengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala konsentrasi belajar. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis parametrik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok Cognitive Behavior Therapy teknik desentisasi sistematis dapat meningktakan konsentrasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji Anova pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai Sig. 0,004 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat perbedaan peingkatan skor skala konsentrasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yakni lebih tinggi 14,81% dibandingkan kelompok kontrol 2,01%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok Cognitive Behavior Therapy teknik desentisasi sistematis dapat meningktakan konsentrasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. (0012096606) dan Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi belajar, bimbingan kelompok, teknik desentisasi sistematis,
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:25
Last Modified: 22 Oct 2020 06:25
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item